Blogger templates

Kamis, 22 Juli 2010

Korban Berjatuhan, DPR Baru Awasi Elpiji




Kompas
Kompas - Jumat, 23 Juli


[Korban Berjatuhan, DPR Baru Awasi Elpiji] Korban Berjatuhan, DPR Baru Awasi Elpiji

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi VII DPR RI memutuskan akan membentuk Panitia Kerja Konversi Minyak Tanah ke Tabung Elpiji 3 Kilogram.

Hal ini disepakati pada rapat kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedy Saleh, dan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, Kamis (22/7/2010).

Komisi VII juga rapat dengan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Ito Sumardi, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, Badan Standarisasi Nasional serta dengan sejumlah asosiasi tabung gas elpiji.

"Sehubungan dengan masih banyaknya permasalahan yang belum terjawab dan perlu pendalaman dalam pelaksanaan program nasional konversi minyak tanan ke tabung elpiji 3 kilogram, maka Komisi VII memutuskan membentuk Panja," kata pimpinan rapat Effendi Simbolon ketika membacakan kesimpulan pertemuan tersebut.

Pada rapat tersebut, Komisi VII meminta pemerintah agar meningkatkan koordinasi yang lebih efektif melalui pembagian kerja dan tanggung jawab yang lebih jelas dalam pelaksanaan program konversi.

Termasuk, melalui mekanisme distribusi yang lebih tepat sasaran serta kegiatan sosialisasi yang lebih optimal. Komisi VII juga meminta pemerintah menjamin tingkat keamanan pengggunaan tabung elpiji 3 kilogram dan aksesorisnya untuk menghindari maraknya ledakan akibat tabung gas.

"Selain itu, Komisi VII mendesak pemerintah segera menarik tabung elpiji dan peralatan lainnya yang tidak sesuai SNI, serta bersama Polri menindak tegas para produsen, distributor, dan pihak lainnya yang melakukan tindakan ilegal," kata Effendi.

Disebutkan juga, pemerintah diminta melaksanakan UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen beserta peraturan pelaksanaannya secara menyeluruh terkait pemenuhan hak-hak konsumen yang menjadi korban ledakan.

0 komentar:

Poskan Komentar

chat 1


ShoutMix chat widget

Amazon MP3 Clips

Template by:

Free Blog Templates